Membina Kesholehan Melejitkan Prestasi Ekstra Karate SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso ~ MH

MH


Tuesday 9 February 2016

Ekstra Karate SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso


Salah satu ekstra yang diminati banyak siswa di Mutiara Hati adalah karate.
Karate merupakan jenis beladiri dengan banyak manfaat bagi anak-anak~karena semua karateka anak-anak kelas 3-6 yang beminat maka bahasan kita manfaat karate bagi anak. Pihak sekolah ingin menyuarakan bahwa ada banyak manfaat saat anak mengikuti karate dan menjadi seorang karateka. Beberapa manfaatnya adalah:

1. Manfaat latihan karate secara fisik dan mental
Latihan karate berguna sekali untuk perkembangan fisik terutama bagi anak-anak, dimana pada usia muda berlatih karate dapat membentuk koordinasi otot-ototnya, membantu membentuk postur tubuh yang seimbang dan ideal, meningkatkan kesehatan dan mengurangi penyakit serta daya tahan tubuh kuat. Selain itu manfaat lain adalah menambah kecepatan, kekuatan, dan menambah stamina tubuh.
2. Manfaat latihan karate secara emosional
Seorang karateka akan memperoleh pendidikan budi pekerti sewaktu berlatih karate. Pada saat latihan karate tidak hanya diajarkan cara memukul yang benar, namun juga karateka akan diajarkan untuk tidak boleh memukul secara sembarangan. Dalam bela diri terutama beladiri karate seorang anak diajarkan untuk bisa membela diri saat dalam posisi lemah dan bisa menjadi pelindung saat dalam posisi kuat. Melatih disiplin pula tentunya...hehe.
3. Manfaat latihan karate secara sosial
Karateka ketika berlatih juga diajari mempunyai empati dan dapat berbuat lembut dan serius. Misalnya, ketika latihan membanting teman berlatih maka selain diajari teknik membanting yang benar maka karateka juga akan dilatih supaya menjaga agar teman berlatih tidak mengalami cedera. Karateka juga diajari untuk mempunyai rasa hormat, hormat yang tidak hanya pada teman seperguruan tapi juga guru, dan juga hormat kepada lawan, dan yang terakhir, dalam beladiri karate diajarkan juga konsep pertemanan.

0 komentar: