Membina Kesholehan Melejitkan Prestasi 07/12/22 ~ MH

MH


GURU PENGGERAK

https://sditmutiarahatingargoyoso.blogspot.com/2022/02/laporan-hasil-aksi-nyata-modul-14.html

STRUKTUR SEKOLAH 2022

https://sditmutiarahatingargoyoso.blogspot.com/2021/07/struktur-sekolah-tahun-20212022.html.

NOMOR ADUAN MASYARKAT

https://sditmutiarahatingargoyoso.blogspot.com/2021/04/aduan-masyarakat-sapa-mh.html.

BERKISAH

https://sditmutiarahatingargoyoso.blogspot.com/2016/04/batu.html.

GURU PENGGERAK

https://sditmutiarahatingargoyoso.blogspot.com/2022/02/laporan-hasil-aksi-nyata-modul-14.html

Tuesday, 12 July 2022

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

Disusun Oleh:

LASTRI, S.Pd.

CGP Angkatan 4 Kabupaten Karanganyar


Nama Program

Nandur Bareng “Go Green”

 

Fact (Peristiwa)

Tujuan Program

Program ini bertujuan membiasakan murid untuk mencintai dan memelihara lingkungan sekolah supaya tetap hijau , rapi , bersih dan indah. Sebagai motivasi bagi sekolah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian tentang pengelolaan sekolah yang sehat dan pembiasaan sikap peduli lingkungan kepada semua warga sekolah.

 

Latar Belakang

Kerusakan lingkungan sekolah cenderung meningkat, akibat bertambahnya warga sekolah dan upaya-upaya pemanfaatan sumber daya alam tanpa disertai upaya pelestarian fungsi lingkungan. Akhirnya terjadi ketidak seimbangan antara lingkungan alam dan lingkungan manusia terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam/lingkungan .

Program Nandur Bareng “Go Green” ini merupakan program yang akan mendorong murid untuk sadar akan lingkungan sekitar, mengajarkan murid mengimplementasikan kepemimpinan secara kontekstual.

Karakteristik lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang dikembangkan adalah menciptakan berbagai kesempatan agar murid terbiasa menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi positif; mengembangkan keterampilan murid untuk berinteraksi sosial secara positif, arif, dan bijaksana; serta menyediakan lingkungan belajar agar murid dapat mendalami keterampilan yang dibutuhkan dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademik.

Dengan adanya program ini, diharapkan sekolah memiliki green house sebagai sarana untuk melengkapi sekolah menjadi sekolah adiwiyata.

Aksi nyata ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menghidupkan kembali kebiasaan anak untuk mencintai dan memelihara lingkungan sekolah agar tetap hijau, rapi, bersih, dan indah. Sekolah kami termasuk sekolah adiwiyata namun dalam beberapa waktu green house di sekolah tidak berkembang sehingga dengan adanya program ini sekolah akan kembali memiliki green house yang memiliki beragam jenis tanaman sesuai dengan tanaman yang ingin di tanam murid.

Hasil Aksi Nyata Dari Program

Program Nandur Bareng “Go Green” menargetkan kegiatan menanam di lingkungan sekitar sekolah dengan melibatkan semua warga sekolah terutama murid kelas 1 s.d. kelas 6. Murid diberi kebebasan membawa tanaman yang akan mereka tanam beserta media tanam yang akan digunakan. Aset manusia yang ada di sekolah akan berkolaborasi dengan baik untuk mendukung suksesnya program ini dengan memanfaatkan halaman sekolah sebagai lingkungan abiotik untuk membuat sekolah supaya tetap hijau, rapi, bersih dan indah. Dengan tuntunan dari guru, murid akan berlatih untuk mengeluarkan menentukan pilihan sendiri tanaman dan media tanam apa yang akan digunakan dan mereka akan merasa bertanggung jawab terhadap sekolah.

Setelah proses nandur bareng, murid merapikan tanaman di green house dan masing-masing kelas diberi kesempatan untuk merawat tanaman yang ada.

 

Feelings (Perasaan)

Saya merasa sangat senang saat melaksanakan program ini karena ini merupakan salah satu impian saya terhadap sekolah. Saya dapat mengaktifkan kembali kebiasaan anak untuk peduli terhadap lingkungan sekolah dan menciptakan sekolah menuju sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup. Antusiasme murid dalam mengikuti program ini menjadi sebuah kebahagiaan bagi saya.

 

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya peroleh pada saat melaksanakan program ini adalah saya lebih memahami bagaimana menerapkan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid. Saya beri kebebasan kepada murid untuk melaksanakan apa yang mereka inginkan pada saat menanam. Hal ini menjadi pengalaman baru bagi saya, karena biasanya kegiatan ditentukan oleh guru. Dengan proses yang saya lakukan menjadikan murid lebih bersemangat saat mengikuti kegiatan.

Kegiatan ini melibatkan warga sekolah. Evaluasi dan refleksi program ini akan melibatkan semua warga sekolah (kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, murid, orang tua). Hasil refleksi ini akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan pertanggungjawaban kepada kepala sekolah dan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.


Future (Penerapan)

Evaluasi dan refleksi program ini akan melibatkan semua warga sekolah (kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, murid, orang tua). Hasil refleksi ini akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan pertanggungjawaban kepada kepala sekolah dan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya. Warga sekolah yang terlibat senantiasa meningkatkan kolaborasi sehingga kedepannya kegiatan berjalan lebih baik lagi. Program Nandur Bareng “Go Green” merupakan kegiatan intrakurikuler sehingga dilaksanakan sesuai dengan keadaan kelas.

Dokumentasi Aksi Nyata

Koordinasi dengan wali kelas/survey kepedulian lingkungan


Koordinasi dengan kepala sekolah tentang rencana program

Sosialisasi dengan orang tua melalui flyer yang di share melalui media sosial



Dialog dengan murid

Pelaksanaan NANDUR BARENG "GO GREEN"














Pemeliharaan tanaman

Refleksi dan evaluasi program bersama guru